18
Feb

Mengenali Charcot Maria Tooth Sejak Dini

Penyakit charcot marie tooth adalah keadaan yang diturunkan dan merusak saraf perifer , diketahui juga sebagai neuropati motoric dan sensorik herediter . Saraf perifer ini diketahui terdapat di luar sostem saraf pusat . Mereka mengontrol otot dan merespons sensor informasi seperti berbentuk sentuhan dari anggota badan ke otak . Maka orang yang terkena charcot maria tooth akan memiliki keadaan tubuh seperti terdapat kelemahan pada otot kaki , pergelangan kaki , telapak kaki dan tangan , kakinya menjadi sangat melengkung atau sangat datar , kelumpuhan pada telapak kaki , lengan dan tangan serta menyebabkan cara berjalannya pun menjadi canggung.

Gejala gejala yang ditimbulkan oleh penyakit charcot maria tooth dilansir dari sehatq.com , seperti

  • Kekurangan sensasi atau kehilangan rasa pada kaki dan telapak kaki
  • Seringkali tersandung atau terjatuh
  • Lengkung kaki yang tinggi
  • Jari kaki yang bergelung
  • Kehilangan sejumlah besar kekuatan otot pada kaki atau telapak kaki
  • Canggung dalam melangkah lebih tinggi dari normal
  • Kurang mampu untuk berlari
  • Kelemahan pada kaki , pergelangan kaki dan telapak kaki
  • Kesulitan dalam mengangkat kaki pada pergelangan kakinya

Gejala dari charcot maria tooth biasanyabmuncul saat berusia 5 sampai 15 tahun meskipun gejala ini tidak akan memburuk sampai penderina berusia 50 tahun . penyakit charcot maria tooth adalah keadaan progresif , karena ini berarti gejalanya berkembang secara perlahan dan dapat menjadikan lebih buruk serta membuat aktivitas sehari hari menjadi sulit . lalu apa penyebab utama dari penyakit charcot maria tooth ini ?

Dilansir dari sehatq yaitu disebabkan oleh kelainan genetic yang diturunkan dan terjadi gangguan dalam perkembangan saraf perifer dan kesalahan ini menyebabkan saraf menjadi rusak seiring dengan berjalannya waktu . kesalahan genetic yang tejadi pada anak yang menderita penyakit charcot maria tooth ini tentu saja diturunkan dari satu atau kedua orang tuanya . tidak ada kesalahan satu genetic yang menyebabkan charcot maria tooth . saat peyakit charcot maria tooth berkembang , gejala yang dirasakan dapat menyebar dari kaki sampai telapak kaki menuju lengan dan telapak tangan .

Gejala yang parah adalah gejalanya dapat bervariasi antara 1 orang dengan orang lain bahkan antara anggota satu dengan anggota keluarga lain . terdapat banyak juga penyebab charcot maria tooth yang disebabkan kesalahan genetic yang berbeda dalam beberapa cara yang berbeda . kemungkinan untuk menularkan charcot maria tooth kepada keturunan atau anak kita tergantung pada kesalahan genetic spesfifik yang dibawa oleh orang tuanya . penyakit charcot maria tooth memang bersifat turun menurun sehingga seseorang akan memiliki resiko tinggi jika keluarganya memiliki penyakit charcot maria tooth ini juga inilah yang disebut faktor resiko . penyebab lainnya karena neuropati seperti diabetes yang dapa menyebabkan gejala yang sama dan membuat penyakit charcot maria tooth menjadi lebih buruk . dilansir dari sehat q ada bebebrapa cara untuk menangani charcot maria tooth tetapi pengobatan ini hanya bertujuan untuk memperlambat gejala charcot maria tooth pada penderita dan tidak berpengaruh terhadap lama hidupnya seseorang , ini adalah cara membantu mengontrol penyakit charcot maria tooth , yaitu :

  • Obat obatan

Bisa menggunakan obat yang diresepkan dokter untuk mengontrol rasa sakit maka itu kita perlu pemeriksakan ke dokter apabila terasa nyeri .

  • Terapi

Dapat membantu menguatkan dan meregangkan otot untuk mencegah otot mengencang dan rusak

  • Alat bantu ortopedi

Untuk menjaga mobilitas setiap hari dan mencegah cedera ini sangat dibutuhkan untuk penderita charcot maria tooth.

  • Pembetulan kaki dengan operasi , ini sangat disarankan apabila kaki anda mengalami bentuk kelainan karena penyakit charcot maria tooth , operasi akan meringankan rasa sakit dan meningkatkan kemampuan berjalan .

Sumber gambar: sciencedirect.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*